27 Oktober 2008

Salam Pemuda untuk dan dari Indonesiaku

PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.


itulah ikrar sumpah pemuda yang terucap 80 tahun silam (28 Oktober 1928), yang begitu lantang di ucapkan dari perwakilan pemuda- pemuda Indonesia.pemuda-pemuda dari berbagai suku berkumpul untuk menyatukan tekad dalam satu ikrar.Inilah suatu prestasi hebat para pemuda di masanya yang patut diapresiasi dan diteladani oleh kita pemuda masa kini. bagaimana peran pemuda dari berbagai negeri dalam perjuangan membangun bangsa, baik perjuangan fisik maupun secara diplomasi, organisasi sosial politik, dan intelektual. Perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan adalah ladang tumbuh suburnya semangat juang pemuda. Menurut saya secara pribadi mereka yang hidup dalam suasana pergolakan akan cenderung memiliki kreativitas tinggi untuk melakukan perubahan atas berbagai kerumitan yang dihadapi, tetapi mereka para pemuda yang hidup dalam nuansa nyaman dan tenang cenderung mempertahankan situasi yang ada tanpa usaha keras melakukan perubahan yang lebih baik dan produktif.

Sumpah Pemuda tidak sebatas diperingati dalam upacara seremonial sambil mengenang jasa para pemuda Indonesia mempersatukan diri dalam sumpah untuk satunya Indonesia. Harapan saya pribadi Lebih jauh para pemuda saat ini haruslah mengambil makna mendalam dan menemukan inspirasi atas peristiwa bersejarah itu. Sejarah terus berulang untuk masa dan pelaku (pejuang) yang berbeda. Pemuda saat ini mempunyai potensi besar mengulang sejarah yang lebih monumental. Satunya Indonesia, bukanlah sekedar ikrar, tetapi jauh merayapi setiap nurani pemuda dan rakyat Indonesia untuk kemudian melahirkan gerakan yang nyata.


Bersatunya pemuda dalam kepentingan yang sama untuk memajukan Indonesia akan dinilai sebagai sesuatu yang besar. Tidak ada yang bisa menghalangi perubahan yang diusung oleh kekuatan pemuda, sepanjang moral dan semangat juang tidak luntur dengan tekanan dan godaan sesaat.

Namun bersatunya pemuda dalam satu perjuangan bukanlah persoalan mudah. Dibutuhkan syarat minimal agar pemuda dapat berkumpul dalam satu kepentingan. Pertama, syarat dasar moral perjuangan harus terpenuhi, yakni terbebas dari kepentingan pribadi dan perilaku moral hazard suatu kelompok. Kedua, kesamaan agenda perjuangan secara umum dan derivasi agenda, misalnya : Kemandirian Bangsa, menolak dominasi asing, dan kepemimpinan kaum muda. Semuanya dapat menjadi agenda bersama yang mudah disepakati. Ketiga, terlepasnya unsur-unsur primordialisme dalam perjuangan bersama, sesuatu yang sensitive dalam kebersamaan. Kiranya di Usia indonesia sekarang ini harapan yang besar untuk bisa bersama- sama dalam membangun, mempertahankan semangat kita untuk mengusung arti kemerdekaan yang sebenarnya..

Salam Pemuda untuk dan dari Indonesiaku

Related Posts [Artikel Terkait]



posting by jideblack

Comments :

6 komentar to “Salam Pemuda untuk dan dari Indonesiaku”

mudah2an dengan ini para pemuda dapat memahami arti sumpah pemuda yang sesungguh nya jangan hanya menjadi patung dalam era reformasi ini..........
selamat hari sumpah pemuda bagi para pemuda yang mengerti arti yang sesungguhnya dan yang hanya ikut2an mengerti........jangan sampai sumpah pemuda berubah menjadi (di)sumpah(i) pemuda......... bangkitlah Indonesia ku bangkitlah Pamuda Indonesia
"Woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii"

manusia biasa mengatakan...
on 

Moga-moga sumoah pemuda membuat para pemuda bisa mengendalikan diri dan bersikap lebih elegan dan menjadi contoh bagi para pejabat-pejabatnya. Yang muda lebih intelek dan smart.

BloGendeng mengatakan...
on 

hiduuuppp...indonesia,..!!!

brigaspad mengatakan...
on 

bunda masuk kategori pemuda nggak yaaaa????? ( nanyaaaaa yg aneh??)

Bunda Rierie mengatakan...
on 

Jangan sia-siakan masa mudamu dengan hal-hal yang negatif, dalam segala sendi kehidupan kita selalu ada dua sisi, kita harus bisa memilih sisi yang positif demi masa depan kita, bangsa dan negara.

Eko Budi Setiawan mengatakan...
on 

Tapi kenyataannya sekarang, pemuda2 malah dikotak2 dalam berbagai macam partai

Anthony Harman mengatakan...
on 

Posting Komentar

 
| Info Teknologi | Music | Informatika | Blogger Tips | SEO Blogger Indonesia Counter Powered by  RedCounter

Info teknologi free download download mp3 info tips rach-man facebook tutorial free lyrik 3gp lokal avi forum no free sex haram sekolah smu gratis uang kaya optimasi video indonesia lokal gadis cantik murah musik new perawan search update teknik SEO Adsense blog indonesia jide palangkaraya komputer hardware jaringan bali virgin anti virus