26 Agustus 2009

Cerita blog tempatku belajar dan berbagiku ::BEDUKNAS (Blog Edukasi & Seminar Nasional)::

Dahulu sebelum saya jauh mengenal apa itu blog. Suatu kali pernah saya berbincang dengan salah satu teman saya seorang praktisi IT, topik yang kami bicarakan tidak jauh dari seputar perkembangan IT kedepan. Dan salah satu topik yang kami bicarakan adalah potensi web2.0 terutama blog. Dari perbincangan tersebut, saya mendapat banyak inspirasi tentang pentingnya memanfaatkan peluang dari potensi yang dimiliki oleh sebuah blog. Hal tersebut membuat saya ingin terlibat langsung didunia blogging, dan ingin menemukan manfaatnya. Setelah cukup lama mencari tau apa potensi blog sesungguhnya, menurut saya pribadi blog itu tergantung pada karakteristik isi dari blog itu sendiri. Ada karakter tulisan dalam blog yang bermanfaat tapi ada juga yang tidak banyak gunanya. Karakter isi blog yang bermanfaat misalnya saja Knowledge Sharing, Bridge Blogging dan Idea Incubation. Misalnya saja blog Knowledge Sharing (berbagi ilmu pengetahuan)adalah memenfaatkan blog sebagai teknologi sarana bertukar informasi dalam proses edukasi atau pendidikan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu produk teknologi Pendidikan yang mendominasi dunia pendidikan saat ini berpotensi kuat untuk:
(1) memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat,
(2) meningkatkan efisiensi di dalam proses pembelajaran,
(3) meningkatkan kualitas belajar peserta didik,
(4) meningkatkan kualitas mengajar para pendidik,
(5) memfasilitasi pembentukan keterampilan siswa dan pendidik,
(6) mendorong masyarakat untuk belajar sepanjang hayat/berkelanjutan,
(7) meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen yang strategis, dan
(8) mengurangi kesenjangan digital masyarakat.

Beberapa waktu yang lalu saya ikut berpartisipasi dalam kegiatan BEDUKNAS (Blog Edukasi & Seminar Nasional)dalam lomba blog edukasi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangkaraya yang mendapat dukungan dari pihak pemerintah kota dan provinsi mencakup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Walikota Pemerintah Palangkaraya, dan Gubernur Kalimantan Tengah. Event ini sendiri saya kira sangat bagus dalam "membentuk generasi yang mampu mengaplikasikan teknologi di dalam dunia kemasyarakatan terutama edukasi" sesuai temanya "Komunikasi Murah Untuk Melepas Ketelisoliran Kal-Teng".

Puji syukur Alhamdulillah blog ini mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai pemenang pertama, dan untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Dan saya harapkan ini bukan suatu pemberhentian, tapi merupakan acuan dari proses pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya untuk bisa lebih berkembang kedepannya.Amin...

Sebagaimana adanya tuntutan teknologi yang ramah lingkungan, teknologi Pendidikan juga kita harapkan ramah kepada Peserta Didik, ramah kepada Pendidik, ramah kepada orang tua Peserta Didik, dan arif kepada budaya serta bahasa lokal. Teknologi Pendidikan (TP) yang ramah kepada pelajar adalah teknologi yang aman, mencerdaskan dan menjamin bahwa pelajar dapat menerima pengalaman belajar yang menyenangkan dan merangsang kreatifitas yang tanpa batas.

salam ngblog...

linksource: http://hmpl.upr.ac.id/

Related Posts [Artikel Terkait]



posting by jideblack

Comments :

5 komentar to “Cerita blog tempatku belajar dan berbagiku ::BEDUKNAS (Blog Edukasi & Seminar Nasional)::”

WAh... sip..., siap-siap nampang nih di Website :) nanti aku buat tanya jawabnya .. hehhe... :D

jadmikoz mengatakan...
on 

intinya nah......... amun kada ada blog gasan ku kada ada duit melari kke pundi2 amal ku......... wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

manthafffff......... selamat uey........ mayan dapat rokok ne

manusia biasa mengatakan...
on 

wkwkwk....tanya jawab apa nich?? manusia biasa ini pikirannya bukan asap dapur ngebul, tp asap mulut..haha

jide mengatakan...
on 

Jide, slamat ya blognya jd juara pertama.
Maju terus n do the best for kalteng.
Tabe!

www.BorneoTourismWatch.wordpress.com

Rio S. Migang mengatakan...
on 

aduch aku ga dapat juara lagi. . . .huh. .kecewa

Koko mengatakan...
on 

Posting Komentar

 
| Info Teknologi | Music | Informatika | Blogger Tips | SEO Blogger Indonesia Counter Powered by  RedCounter

Info teknologi free download download mp3 info tips rach-man facebook tutorial free lyrik 3gp lokal avi forum no free sex haram sekolah smu gratis uang kaya optimasi video indonesia lokal gadis cantik murah musik new perawan search update teknik SEO Adsense blog indonesia jide palangkaraya komputer hardware jaringan bali virgin anti virus