23 Agustus 2009

PERANCANGAN E-KIOSK LAYANAN INFORMASI

Kali ini saya ingin membahas sesuatu yang berkaitan dengan sebuah sistem yang berhubungan dengan pengolahan dan pengelolaan informasi berbasis Informasi teknologi, yaitu perancangan E-Kiosk. Apa itu e-Kiosk?. E-Kiosk dapat dideskripsikan sebagai salah satu alternatif yang ditawarkan teknologi saat ini yaitu menggunakan sarana multimedia yang lebih menarik untuk menyampaikan informasi berupa mesin informasi yang menjadi kebutuhan publik atau masyarakat luas pada era informasi dewasa ini.
E-Kiosk dapat digolongkan menjadi tiga kategori yaitu :
1. Information Kiosk
2. Transaction Kiosk
3. Multimedia Kiosk
E-Kiosk merupakan suatu fasilitas layanan akses publik yang interaktif (self-service) dan dapat terhubung dalam suatu sistem jaringan informasi terkomputerisasi melalui LAN, Intranet atau Internet. Multimedia e-Kiosk atau Information Kiosk diharapkanakan menjadi solusi layanan publik yang tepat pada masa mendatang, untuk memberikan kemudahan akses layanan informasi, transaksi secara Interaktif (layanan yang berdiri sendiri), real-time dan 24-jam nonstop, akurat, dan user friendly (mudah dalam penguasaan dan penggunaan). Pada sisi lain kenyataannya dalam pengembangan dan aplikasi teknologi Kiosk di Indonesia pada khususnya, menghadapi beberapa masalah dan kendala antara lain :

  1. Masih kurangnya antusias masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas layanan berbasiskan teknologi informasi
  2. Beberapa masalah teknis dan kesiapan SDM pada perancangan hardware maupun operasional manajemen jaringan sistem informasi yang dibutuhkan.

Beberapa aspek desain yang menyangkut batasan teknologi, perancangan produk yang mampu mengelola pemakaian dengan keterbatasan tertentu, aspek dari user-interface, visual komunikasi dan sebagainya adalah merupakan sebagian dari kompleksitas permasalahan yang dihadapi dalam mempersiapkan rancangan standard public equipment e-Kiosk yang memenuhi syarat sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Sangat diharapkan sekali sekarang ini kita dapat mengembangkan suatu produk e-Kiosk Multimedia generasi baru, yang memiliki keunggulan yang kompetitif di bidang design, feature & technology. komersialisasi dan industrialisasi.



Related Posts [Artikel Terkait]



posting by jideblack

Comments :

0 komentar to “PERANCANGAN E-KIOSK LAYANAN INFORMASI”


Posting Komentar

 
| Info Teknologi | Music | Informatika | Blogger Tips | SEO Blogger Indonesia Counter Powered by  RedCounter

Info teknologi free download download mp3 info tips rach-man facebook tutorial free lyrik 3gp lokal avi forum no free sex haram sekolah smu gratis uang kaya optimasi video indonesia lokal gadis cantik murah musik new perawan search update teknik SEO Adsense blog indonesia jide palangkaraya komputer hardware jaringan bali virgin anti virus